Jumat, 06 Januari 2012

Amplas Piston Ngancing, Goresan Harus Kurang Dari 0,15 mm



Piston di dalam silinder mendadak macet bikin hati was-was. Mesin susah diselah akibat piston menjepit dinding liner. Biasanya, liner akan tergores ring piston yang saat itu mengembang.

Ini namanya overheat. Sebabnya bisa dari pasokan pelumas terlalu tekor, sehingga gesekan piston di dinding silinder tidak dilindungi pelumas. Parahnya, jika goresan terlalu dalam bikin kompersi ngempos dan minta dioversize.

Tapi selama goresan di dinding liner tidak terlalu dalam atau nggak lebih dari 0,15 mm jangan panik. Luka tadi bisa diatasi dengan cara meratakan lubang itu pakai ampelas ukuran 400 yang harganya tidak lebih dari Rp 2.500 dan bisa dan mudah dibeli.

Untuk lebih gampang mengerjakannya, pisahkan dahulu antara piston dan silinder yang macet. Siram bagian dalamnya pakai oli baru. Enaknya sih, dikerjakan saat mesin dibongkar dan lagi dingin.

Jika di permukaan goresan terdapat gumpalan kecil bekas pecahan gram yang ikut terjepit, ratakan dahulu pakai pukulan kunci pas ambil bagian luarnya. Maksudnya, agar mudah untuk dikerok, karena struktur besi sudah berubah.

Kemudian garis-garis goresan tadi diratakan dengan ampelas. Dan biar bentuk alur tidak berubah, lihat permukannya yang masih bagus. Baru arahkan gosokan ampelas sesuai alur di silinder.

Agar tidak kasar dan mengurangi pengkikisan, celupkan ampelas ke bensin sebelum digosok. (motorplus-online.com) 


Penulis : KR15 | Teks Editor : Nurfil | Foto : Dok MotorPlus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar