Sabtu, 07 Januari 2012

Bikin Laher Teromol Biar Lebih Mengigit



Dibikin bergerigi biar diameter sempit
Efek negatif laher roda di teromol mulai oblak ada banyak. Selain kampas rem abis nggak rata, rantai dan gir di roda belakang pun cepat aus. Parah-nya kalau sudah kena as roda, penyakit macam itu enggak bakal beres.

Namun untuk memperbaikinya tidak cukup hanya ganti laher baru. Sebab lingkar luar dudukan laher di teromol, aslinya memang sudah terkikis. Dipaksa masuk laher merek apapun yang kodenya sama, hasilnya akan tetap aja longgar.

“Ada sih yang mengakali dengan mempertebal dudukan laher pakai pelat. Cuma kadang tebal pelat enggak pas, ditambah posisi pasang yang miring. Bukan malah merusak komponen lainnya,” ujar Syahroni alias Roni spesialis setel pelek dan roda.

Menurut Roni, ada cara mudah dan tidak berisiko mengatasi laher roda oblak. Caranya dengan membuat gerigi di sekeliling dudukan laher atau di lingkar dalam teromol. Dijamin bantalan roda merek apapun makin digigit lebih kuat.

“Tapi, cara ini hanya bisa dilakukan di teromol asli bukan part imitasi. Selain materialnya lebih kuat, ketika suhunya meningkat tidak cepat menciut yang berisiko membuat teromol jadi pecah,” ingat pebengkel dari Jl. Raya Gandul, Depan Pusdilat Kehakiman, Pondok Labu, Jakarta Selatan.

Kalau memang benar menggunakan teromol asli, berikut ini proses pembuatan gerigi pada teromol. Seperti biasa pisahkan dahulu roda yang lahernya longgar dari sokbreker atau swing arm. Juga siapkan obeng min kepala tumpul atau pahat berujung tajam beserta martil.

Lanjut ke arah pembuatan gerigi pada teromol. Tentu dengan terlebih dahulu melepas laher. Kemudian pahat perlahan dudukan laher hingga membentuk gerigi di semua permukaannya. Lakukan seirama agar bentuk gerigi yang diingin- kan rata dan tidak ada yang miring.

Baru kemudian laher baru tadi coba dipasang kembali. Pastikan sampai benar-benar terasa menggigit.       (motorplus-online.com)
Penulis : KR15 | Teks Editor : Nurfil | Foto : Dok.Motor Plus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar